eprintid: 64217 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/06/42/17 datestamp: 2024-03-04 03:52:52 lastmod: 2024-03-04 03:52:52 status_changed: 2024-03-04 03:52:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Eska Khikmatuz Zahro, NIM.: 18106090046 title: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: med_pemb divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: berpikir kritis; pembelajaran fisika; saintifik note: Pembimbing : Dr. Winarti, M.Pd, Si. abstract: Penelitian ini bertujuan 1) Menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada materi gelombang bunyi, 2) Mengetahui kualitas modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada materi gelombang bunyi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa sma/ma pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dibatasi hingga tahap Development yaitu pada uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon peserta didik. Pada tahap validasi menggunakan lembar validasi berupa kritik dan saran, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pada tahap penilaian, teknik analisis data menggunakan skala likert dengan 4 skala penilaian berupa SB (Sangat Baik), B (Baik), TB (Tidak Baik), STB (Sangat Tidak Baik). Sedangkan respon peserta didik menggunakan skala guttman dengan 2 skala yaitu berupa pernyataan “setuju” dan “tidak setuju”. Penilaian kualitas modul dan angket respon disajikan dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada materi gelombang bunyi, (2) Kualitas modul yang telah dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika adalah sangat baik (SB) dengan keseluruhan rerata skor masing-masing adalah 3,41; 3,47; dan 3,77. (3) Respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan hasil setuju (S). Rerata skor yang didapatkan pada uji coba terbatas adalah 0,93. Dengan demikian pengembangan modul fisika berbasis pendekatan saintifik layak digunakan dalam pembelajaran dengan kualitas yang sangat baik. Kelebihan dari modul yang dikembangkan adalah menyajikan sintaks pendekatan saintifik dalam berbagai kegiatan dan contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu indikator berpikir kritis disajikan secara tersirat melalui berbagai kolom kegiatan dengan tujuan tidak membebani peserta didik dalam memahami materi dalam modul. date: 2022-08-25 date_type: published pages: 218 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Eska Khikmatuz Zahro, NIM.: 18106090046 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64217/1/18106090046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64217/2/18106090046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf