TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H Tulus Musthofa, Lc, MA ID - digilib64218 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64218/ A1 - Muna Nabila Amatullah, NIM.: 18204020001 Y1 - 2022/08/29/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan penulis terhadap kesalahan berbahasa yang terjadi dalam pembelajaran maharah kalam dan maharah kitabah di MAN 1 Sragen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan penyebab kesalahan berbahasa dalam maharah kalam dan maharah kitabah siswa MAN 1 Sragen serta untuk menghasilkan konsep pembelajaran maharah kal?m dan maharah kitabah yang didasari oleh hasil analisis kesalahan berbahasa tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melaui tes, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis sesuai dengan teori analis kesalahan berbahasa dan selanjutnya dirumuskan konsep pembelajaran maharah kalam dan maharah kit?bah. Penelitan ini menghasilkan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa mah?rah kal?m dan mah?rah kit?bah siswa MAN 1 Sragen dapat diklasifikasikan menjadi kesalahan fonologi, kesalahan penulisan, kesalahan morfologi, dan kesalahan sintaksis. Selanjutnya penyebab kesalahan berbahasa dirumuskan dalam 2 (dua) kategori yaitu faktor lingustik yang meliputi edwibahasaan siswa, perbedaan sistem bahasa Indonesia dan bahasa Arab, dan interferensi antara bahasa Indonesia dengan bahasa Arab dan faktor non linguistik yang meliputi sistem pengajaran dan kompetensi guru, lingkungan bahasa dan sistem pendidikan non asrama, latar belakang pendidikan dan minat belajar siswa. kemudian dari hasil analisis kesalahan tersebut dirumusakan konsep pembelajaran maharah kalam dan mah?rah kit?bah berbasis analisis kesalahan meliputi pendekatan dan metode pembelajaran yang berada di bawah payung tujuan pembelajaran bahasa Arab meliputi pendekatan aural-oral, pendekatan komunikatif, pendekatan fungsional, metode langsung, metode audio-lngual, metode gramatika terjemah, dan metode membaca. Selanjutnya beberapa aspek penting dalam pembelajaran maharah kalam dan mah?rah kit?bah yaitu guru, memperbanyak menyimak dan membaca, serta praktik dan imla?. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - ketrampilan berbahasa; ketrampilan berbicara; kitabah; maharah kalam M1 - masters TI - KONSEP PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DAN MAHARAH KITABAH BAGI SISWA MAN 1 SRAGEN (BERBASIS ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA) AV - restricted EP - 168 ER -