%A NIM.: 18204020022 Yulia Nurhasanah %O Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag. %T INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU TEKS AYO BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VI KURIKULUM 2013 KARYA A. SYAEKHUDIN TERBITAN ERLANGGA %X Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui muatan nilai-nilai karakter yang muncul dalam buku teks Ayo Belajar Bahasa Arab Kelas VI MI, 2) langkah-langkah internalisasi nilai-nilai karakter dalam buku teks Ayo Belajar Bahasa Arab kelas VI MI, dan 3) strategi implementasi nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku teks Ayo Belajar Bahasa Arab kelas VI MI. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu buku teks Ayo Belajar Bahasa Arab Kelas VI MI. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Adapun pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara dibaca menggunakan “kacamata” pemikiran pendidikan karakter Thomas Lickona. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) nilai-nilai karakter yang muncul dalam buku teks Ayo Belajar Bahasa Arab Kelas VI MI adalah nilai religius, rasa ingin tahu, disiplin, jujur, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri, peduli sosial, peduli lingkungan dan mandiri. 2) Langkah-langkah internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter menggunakan tiga tahapan kegiatan, yaitu : a) transformasi nilai, b) transaksi nilai, c) transinternalisasi nilai. 3) Strategi implementasi nilai-nilai karakter, yaitu : a) nilai karakter diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-sehari. b) Mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan yang di programkan. c) Melalui manajemen kelas. d) Strategi umum yang diimplementasikan pada pelaksanaaan pendidikan karakter di negara-negara Barat antara lain : strategi pemanduan (cheerleading), pujian dan hadiah (praise and reward), definisikan dan latihkan (define and drill), penegakan disiplin (forced-formality) dan perangai bulan ini (traits of the month). Adapun strategi yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab ada dua, yaitu strategi yang dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas (intrakurikuler) dan di luar kelas (ekstrakurikuler) program pengembangan diri. Adapun menurut Thomas Lickona adalah sebagian isi proses pembelajaran pada buku ada yang belum sesuai prosedur. %K bahasa arab; kurikulum; internalisasi nilai; pendidikan karakter %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib64219