@mastersthesis{digilib64220, month = {August}, title = {MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH SATU ALTERNATIF KOTA MAGELANG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18204091006 Anisa Nur Azizah Husni}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Sabarudin M.Si}, keywords = {kurikulum; pendidikan karakter; evaluasi pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64220/}, abstract = {Penelitian Puslitbang pada tahun 2021 tentang indeks pendidikan karakter menjadi salah satu afirmasi bahwa masyarakat Indonesia mengalami krisis moral multidimensi. SMA Mutual Magelang sebagai lembaga pendidikan formal Muhammadiyah diharapkan mempunyai peran untuk merespon problem dalam pendidikan karakter. Respon SMA Mutual Magelang tersebut bisa dilihat dari visi dan misi lembaga yang terbingkai dalam sistem pendidikan fullday dan boarding school. Hal tersebut merupakan buah proses dari tata kelola kurikulum SMA Mutual Magelang. Di sisi lain, konsekuensi logis dari penerapan kebijakan tersebut, siswa menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan membuat konsentrasi mereka berkurang, interaksi dengan keluarga dan masyarakat yang kurang. Berangkat dari hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh berkaitan dengan manajemen kurikulum berbasis pendidikan karakter di SMA Mutual Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bercorak studi kasus. Pencarian data melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik uji keabsahan data peneliti melakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan, 1) Perencanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter di SMA Mutual Magelang dilakukan setiap satu tahun sebelum tahun ajaran baru dimulai oleh kepala sekolah beserta tim pengembang kurikulum. Dilaksanakan rapat kerja untuk menentukan kegiatan dan pelaksanaannya serta kebutuhan siswa agar visi dan misi SMA Mutual Magelang dapat tercapai. Proses perencanaan berpedoman pada kurikulum nasional dan kurikulum kekhasan yayasan Muhammadiyah; 2) Pengorganisasian kurikulum pendidikan karakter SMA Mutual terdiri dari penetapan mata pelajaran, penetapan wali kelas, penetapan guru mata pelajaran, penunjukkan penanggung jawab kegiatan kokurikuler, dan penetapan pembina kegiatan ekstra; 3) Implementasi kurikulum berbasis pendidikan karakter di SMA Mutual Magelang yaitu dengan cara mengintegrasikan dalam kegiatan kurikuler, kegiatan kokurikuler serta kegiatan ekstrakurikuler; 4) Adapun evaluasi pendidikan karakter pihak sekolah melibatkan semua komponen sekolah, selain kepala sekolah dalam kapasitasnya sebagai supervisor juga turut andil secara langsung untuk mengevaluasi pendidikan karakter. Dalam hal pendidikan karakter pada pembelajaran di dalam kelas kepala sekolah mendelegasikan guru sebagai penanggung jawab, untuk kegiatan ekstra sekolah mendelegasikan pembina, sementara kokurikuler kepala sekolah mendelegasikan staff ketenagakerjaan; 5) Faktor pendukung manajemen kurikulum berbasis pendidikan karakter di SMA Mutual Magelang yaitu: integritas kepala sekolah, lingkungan sekolah yang kondusif, kegiatan tahsin dan tahfidz, adanya kerjasama yang baik antara sekolah dan wali murid, dan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambatnya yaitu background siswa yang beragam, daya serap siswa yang berbeda, dan budaya siswa di luar sekolah.} }