eprintid: 64240 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/42/40 datestamp: 2024-03-04 02:48:45 lastmod: 2024-03-04 02:48:45 status_changed: 2024-03-04 02:48:45 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Marharban Romadhona, NIM.: 18101040042 title: KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PEVITA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: _informasi subjects: perpus_da divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: user satisfaction; OPAC; EUCS; temu kembali informasi note: PEmbimbing: Iryanto Chandra, M.Eng. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi pada Perpustakaan Pevita di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Yogyakarta berdasarkan komponen EUCS (End-User Computing Satisfaction) dengan mengukur sistem dari lima indikator yaitu isi (content), akurasi (accuracy), kemudahan pengguna (ease of use), ketepatan waktu (timeliness), dan bentuk (fromat). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemustaka atau anggota Perpustakaan Pevita dan objek penelitian ini adalah kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 66.031 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel sebesar 100 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengukuran data menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban yaitu sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, dan sangat setuju. Analisis data yang digunakan yaitu uji persentase dengan alat bantu aplikasi IBM SPSS 25. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap indikator isi (content) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 81,5%, indikator akurasi (accuracy) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 80%, indikator kemudahan pengguna (ease of use) dikategorikan sangat baik dengan skor 84%, indikator ketepatan waktu (timeliness) dikategorikan sangat baik dengan skor 82,87%, dan indikator bentuk (format) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 79,06%. Perhitungan terhadap lima indikator tersebut mendapatkan skor rata-rata sebesar 81,48%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi pada Perpustakaan Pevita di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta secara keseluruhan dikategorikan sangat baik. date: 2022-12-08 date_type: published pages: 117 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Marharban Romadhona, NIM.: 18101040042 (2022) KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PEVITA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64240/1/18101040042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64240/2/18101040042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf