eprintid: 6426 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/26 datestamp: 2023-07-26 02:35:46 lastmod: 2023-07-26 02:37:02 status_changed: 2012-05-04 16:50:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SULISTYA RESFI RENDRA AMRAH KURNIAWATI, NIM.: 07600006 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Problem Solving, Pendekatan Open-Ended, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif. note: Pembimbing: 1. Drs. Sugiyono, M.Pd. 2. Mulin Nu'man, M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan open-ended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan open-ended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran, variabel terikat berupa motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif, dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 223 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan subjek kelas, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan openended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari hasil pengujian secara keseluruhan hasil angket motivasi belajar didapatkan nilai sig.= 0,043 dan skor peningkatan kemampuan berpikir kreatif didapatkan nilai sig.= 0,001 dengan rata-rata skor peningkatan kelas eksperimen sebesar 8,72 dan kelas kontrol sebesar 5,88 hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan open-ended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. div date: 2011-09-27 date_type: published pages: 242 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-09-27 16:09:54 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sulistyare-6428-1-sulistya-d.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--sulistyare-6428-1-sulistya-d.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7089 ; nama file lama : SULISTYA RESFI RENDRA AMRAH KURNIAWATI - NIM. 07600006 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2160938 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-09-27 16:09:54 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sulistyare-6428-1-sulistya-d.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--sulistyare-6428-1-sulistya-d.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7089 ; nama file lama : SULISTYA RESFI RENDRA AMRAH KURNIAWATI - NIM. 07600006 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2160938 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 - 2011 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SULISTYA RESFI RENDRA AMRAH KURNIAWATI, NIM.: 07600006 (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6426/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6426/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf