%A NIM.: 06680035 SURYATI %O Pembimbing: Yuni Wibowo, M. Pd. %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar biologi siswa (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap partisipasi siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas X C sebagai kelas kontrol dan kelas X D sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 65 siswa yang diambil dari populasi yang berjumlah 213 siswa. Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk kelas eksperimen, metode ceramah dan diskusi untuk kelas kontrol. Variabel terikat yaitu prestasi belajar dan partisipasi siswa. Data prestasi belajar diperoleh dengan menggunakan instrumen soal tes (pretest dan posttest) sedangkan pengambilan data partisipasi siswa menggunakan lembar observasi. Data penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan uji statistik dengan bantuan program SPSS 16,0 for Windows. Uji t bebas (independent samples test) digunakan untuk menguji data prestasi belajar dan uji Kolmogorov-Smirnov Z untuk menguji data partisipasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup signifikan dilihat dari selisih pretest dengan posttest yaitu 25,47. Analisis statistik menggunakan uji t menunjukkan t hitung sebesar 6,370 dan p value= 0,000 (p 0,01) yang berarti bahwa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut mengindikasikan adanya pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar. Pengujian data partisipasi siswa menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Z menunjukkan p value= 0,000 (p 0,01) yang berarti terdapat perbedaan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan tersebut mengindikasikan adanya pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap partisipasi siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar biologi (2) model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap partisipasi siswa. div %K model pembelajaran kooperatif tipe TGT, prestasi belajar, partisipasi siswa %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6428