eprintid: 64308 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/43/08 datestamp: 2024-03-07 03:19:05 lastmod: 2024-03-07 03:19:05 status_changed: 2024-03-07 03:19:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Assya Syahnaz, NIM.: 21204012023 title: PANDANGAN PENGELOLA PRODI PAI TENTANG SIKAP MODERASI BERAGAMA BAGI MAHASISWA PAI (Studi Pada UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Islam Indonesia) ispublished: pub subjects: Moderasi subjects: pen_pt divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: moderasi beragama; sikap note: Pembimbing: Prof. Dr. H. Mahmud Arif, M.Ag abstract: Indonesia merupakan negara majemuk yang terdiri dari bebagai macam suku, ras, budaya dan agama. Di Indonesia setidaknya 6 agama yang diakui secara resmi oleh negara. Tantangan di era sekarang ialah munculnya sentimen paham keagamaan yang dipicu oleh cara pandang seseorang dalam memahami agama. Moderasi beragama menajadi solusi yang ditawarkan oleh Kemenag untuk mengatasi persoalan tersebut. Moderasi beragama adalah sikap tengah dalam memahami ajaran agama. Mahasiswa PAI sebagai agen pendidikan memiliki peran untuk mengatasi persoalan agama yang terjadi akibat berbeda cara pandang dari masing-masing individu. Oleh sebab itu, penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaimana pandangan dari pengelola prodi tentang sikap moderasi beragama bagi mahasiswa PAI, menganalisis urgensi moderasi beragama bagi mahasiwa PAI dan bagaimana aktualisasi moderasi beragama bagi mahasiswa di prodi PAI UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Islam Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian menggunakan psikologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah ketua prodi S1 PAI UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, wakil ketua prodi PAI UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, dan 2 orang mahasiswa prodi S1 PAI dari masing-masing universitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelola prodi memiliki pandangan masing-masing terkait moderasi beragama bagi mahasiswa PAI. Karakteristik moderasi beragama dari ketiga universitas ini ialah adil, berimbang, toleran, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan menghargai tradisi. Namun UAD memiliki prinsip toleransi yang berbeda, dalam persoalan akidah tidak bisa dikaitkan dengan nilai toleransi, seperti mereka tidak mengucapkan selamat pada perayaan hari besar agama lain; 2) pentingnya moderasi beragama bagi mahasiswa PAI ialah agar mahasiswa dapat saling toleran dan saling menghargai jika ada pandangan yang berbeda dengannya. Ketika lulusan prodi PAI menjadi guru PAI yang tidak moderat maka akan mempengaruhi karakter beragama peserta didik. Tujuan moderasi beragama bagi mahasiswa adalah agar mahasiswa mampu menampilkan diri sebagai sosok yang toleran dan dapat menampilkan Islam yang wasathiyah, saling menghormati satu sama lain dan mereka dapat melihat persoalan-persoalan secara komprehensif; 3) aktualisasi sikap moderasi beragama di prodi PAI UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia ialah dengan membuat kebijakan yang mengandung nilai moderasi beragama, memiliki mata kuliah moderasi beragama serta mengintegrasikan nilai moderasi beragama pada setiap mata kuliah yang ada di prodi PAI, dan membuat kegiatan yang berkaitan dengan nilai-nilai moderasi di luar pembelajaran seperti kegiatan seminar. date: 2023-12-13 date_type: published pages: 176 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Assya Syahnaz, NIM.: 21204012023 (2023) PANDANGAN PENGELOLA PRODI PAI TENTANG SIKAP MODERASI BERAGAMA BAGI MAHASISWA PAI (Studi Pada UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Islam Indonesia). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64308/1/21204012023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64308/2/21204012023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf