eprintid: 64324 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/43/24 datestamp: 2024-03-07 04:47:24 lastmod: 2024-03-07 04:47:48 status_changed: 2024-03-07 04:47:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Baihaqi, NIM.: 06130001 title: MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: min_baca divisions: jur_ipid3 full_text_status: restricted keywords: Minat Baca, Siswa, Perpustkaan Sekolah note: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd. abstract: Alasan penulis mengambil judul ini adalah bagaimana selama ini SD Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta dalam menumbuhkan serta meningkatkan minat baca siswanya. Penulis ingin mengetahui dan menyusunnya dalam sebuah laporan tugas akhir. Demikian alasan penulis mengambil judul tersebut. Minat baca ialah keinginan yang kuat disertai usaha-usaha seseorang untuk membaca. Orang yang mempunyai minat membaca yang kuat akan diwujudkannya dalam kesediaannya untuk mendapat bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadarannya sendiri (Rahim, 2008:28). Menurut pengamatan penulis kondisi minat siswa untuk datang ke perpustakaan SD Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta cukup bagus karena mengalami peningkatan dari rata-rata 58 siswa perhari menjadi 71 siswa perhari, dari 20,75% menjadi 26,79%. Dan kemungkinan jumlah rata-rata perhari juga prosentase ini akan terus mengalami peningkatan setiap bulannya mengingat fasilitas yang ditawarkan juga kenyamanannya yang diberikan bagi pengguna perpustakaan SD Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta. Tingginya minat yang datang ke perpustakaan bisa menjadi indikator bahwa mereka punya minat untuk membaca yang cukup bagus. Untuk mengetahui minat baca kita harus mampu menganalisa apa yang menjadi faktor pendorong serta penghambatnya, juga kendala-kendala yang dihadapi dalam menumbuhkan minat baca tersebut. Faktor pendorong dan penghambat adalah faktor yang sangat mempengaruhi masalah minat baca, baik datang dari dalam maupun dari luar atau lingkungannya. Untuk mengatasi masalah kendala yang dihadapi pihak perpustakaan mengambil kebijakan dengan mengupayakan berbagai kegiatan seperti: mengkoleksi berbagai permainan edukatif, mengadakan berbagai lomba untuk siswa, membuat slogan-slogan untuk perpustakaan, mengikuti berbagai lomba tingkat kota maupun daerah, melengkapi sarana prasarana, perpustakaan sebagai pengganti jam kosong kelas, bekerjasama dengan perpustakaan sekolah Muhammadiyah di seluruh Yogyakarta, mengadakan jam wajib perpustakaan, wajib meninggalkan buku, penambahan koleksi, mengumumkan buku-buku baru, story telling di kelas oleh guru, dan kelas alternatif. Kesimpulan dari minat baca siswa di perpustakaan SD Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta, bisa dilihat dari aktivitas siswa di dalam kelas, partisipasi siswa dalam berbagai lomba, siswa yang berkunjung ke perpustakaan, dan para siswa yang senang meminjam buku. date: 2010-06-18 date_type: published pages: 82 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: lapd3 thesis_name: other citation: Ahmad Baihaqi, NIM.: 06130001 (2010) MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64324/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64324/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf