TY - THES N1 - Pembimbing: Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA. ID - digilib64327 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64327/ A1 - Subhan Harish Munawar, NIM.: 07130027 Y1 - 2010/06/03/ N2 - Pelayanan sirkulasi di perpustakaan MAN Wonokromo Bantul merupakan proses kegiatan peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan koleksi, agar pengguna perpustakaan dapat menggunakan bahan pustaka sebagai informasi yang sesuai dengan kebutuhan, serta sebagai sarana penunjang kegiatan sifitas sekolah. Dalam melakukan pelayanan, perpustakaan MAN Wonokromo Bantul menggunakan sistem pelayanan terbuka (Open Acces System) yang bertujuan agar melatih kejujuran para pengguna perpustakaan dan mendidik para siswa untuk bisa mandiri dalam pencarian bahan pustaka. Penerapan sistem pelayanan terbuka (Open Acces System) ini memang lebih tepat untuk diterapkan, namun sering kali terjadi pengembalian buku yang tidak sesuai pada tempatnya, karena pengguna biasanya mengembalikan sendiri buku yang dibaca ditempat sehingga penyusunan buku dirak tidak teratur. Kegiatan pelayanan sirkulasi yang dilakukan oleh perpustakaan MAN Wonokromo Bantul meliputi pendaftaran anggota, prosedur peminjaman, kegiatan pengembalian, kegiatan perpanjangan koleksi, pelayanan surat bebas pustaka, pemberian sanksi keterlambatan, dan pembuatan statistik perpustakaan. Dalam melakukan kegiatan pelayanan sirkulasi, perpustakaan MAN Wonokromo Bantul masih mengalami hambatan dalam masalah kurangnya koleksi buku paket sehingga belum bisa mencukupi kebutuhan kegiatan belajar mengajair. Selain itu, dalam pengembalian buku pinjaman, m,asih banyak siswa yang terlambat mengembalikan koleksi pinjamannya, setra masih banyak juga para siswa yang tidak mentaati peraturan perpustakaan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pelayanan KW - Sirkulasi KW - Perpustakaan Sekolah M1 - lapd3 TI - PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN MAN WONOKROMO BANTUL AV - restricted EP - 76 ER -