%A NIM.: 08251006 Nur Jannah %O Pembimbing: Dr. Marhumah, M. Pd %T BIAS GENDER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN FIKIH MADRASAH IBTIDAIYAH %X Dewasa ini telah terjadi banyak ketimpangan gender di masyarakat yang diasumsikan muncul karena terdapat bias gender dalam pendidikan termasuk pendidikan agama. Di antara aspek yang menunjukkan adanya bias gender dalam pendidikan dapat dilihat pada perumusan kurikulum. Implementasi kurikulum pendidikan sendiri terdapat dalam buku ajar yang digunakan di sekolah-sekolah. Realitas yang ada, dalam kurikulum pendidikan (agama ataupun umum) masih terdapat banyak hal yang menonjolkan laki-laki berada pada sektor publik sementara perempuan berada pada sektor domestik. Salah satunya ialah yang terdapat dalam buku teks pelajaran fikih madrasah Ibtidaiyah, bias gender yang terdapat dalam buku teks pelajaran fikih MI ini baik berupa gambar ilustrasi maupun yang terdapat dalam materi pelajaran. Bias gender yang ada ini seringkali tidak disadari baik oleh guru maupun oleh siswa dan siswi sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana bias gender yang terdapat dalam buku teks pelajaran fikih madrasah Ibtidaiyah baik yang terdapat dalam materi pelajaran, gambar ilustrasi, maupun yang terdapat dalam rubrik. Dengan menggunakan analisis konten (content analysis) dan teori bias gender yang dikemukakan Mansour Fakih, kajian ini mencoba menganalisis dan menemukan adanya bias gender yang terdapat dalam buku teks pelajaran fikih madrasah Ibtidaiyah baik yang terdapat dalam materi pelajaran, gambar ilustrasi, sampai pada analisis bentuk dan jenis bias gender yang terdapat dalam rubrik. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat bias gender dalam buku teks pelajaran fikih madrasah Ibtidaiyah yang terdapat pada materi pelajaran, bentuk gambar, dan rubrik, yang terjadi baik secara kuantitatif dengan peta dominasi lakilaki dan pelabelan negatif (stereotyping) pada perempuan. Beberapa materi pelajaran cenderung mensubdiordinasi perempuan, sedangkan pada gambar dan rubrik jumlah tokoh laki-laki sangat dominan, sementara tokoh perempuan kurang mendapat tempat. Sebagai kontribusi dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menunjukkan adanya bias gender dalam buku teks pelajaran fikih madrasah Ibtidaiyah, dan sebagai bahan evaluasi bagi para pemegang kebijakan pendidikan Islam dan para pengarang buku teks pelajaran fikih madrasah Ibtidaiyah agar lebih terbuka wacananya sehingga bias dan ketidakadilan gender dapat berkurang secara bertahap. %K Bias Gender, Buku Teks, Pelajaran Fikih %D 2010 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib64340