eprintid: 6436 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/36 datestamp: 2023-07-26 01:54:20 lastmod: 2023-07-26 01:55:19 status_changed: 2012-05-04 16:50:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ULIN NUHA ROSYADI, NIM.: 06680032 title: PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Metode Active Learning, Point-Counterpoint, Prestasi belajar, Partisipasi siswa note: Pembimbing: Drs. Satino, M. Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran active learning tipe point-counterpoint terhadap prestasi belajar biologi dan partisipasi siswa pada materi pokok pengaruh manusia di dalam ekosistem siswa kelas VII MTs. Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yaitu kuantitatif dan kualitatif, metode penelitian kuantitatif menggunakan quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan sampel yang digunakan adalah kelas IA sebagai kelas kontrol dan kelas IB sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar soal pretest posttest dan lembar observasi. Lembar soal pretest posttest untuk penilaian prestasi belajar siswa dan lembar observasi untuk penilaian partisipasi belajar. Data prestasi yang diperoleh diuji kenormalan dan homogenitasnya terlebih dahulu kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t dan data partisipasi dianalisa dengan teknik analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Point-Counterpoint tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t pada nilai postest untuk kedua kelas diperoleh Sig. (2-tailed) 0.960 pada signifikasi taraf nyata 5% yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan untuk variabel partisipasi, metode Point-Counterpoint berpengaruh positif terhadap partisipasi belajar siswa berdasarkan hasil nilai kategori baik pada kelas kontrol sebanyak 8 siswa atau 25%, sedangkan kelas eksperimen sebanyak 21 siswa atau 65.5% . div date: 2011-10-05 date_type: published pages: 112 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-10-05 09:36:33 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ulinnuharo-6437-1-ulinnuh-t.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--ulinnuharo-6437-1-ulinnuh-t.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7098 ; nama file lama : ULIN NUHA ROSYADI - NIM. 06680032 PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2510533 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-10-05 09:36:33 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ulinnuharo-6437-1-ulinnuh-t.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--ulinnuharo-6437-1-ulinnuh-t.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7098 ; nama file lama : ULIN NUHA ROSYADI - NIM. 06680032 PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2510533 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 - 2011 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ULIN NUHA ROSYADI, NIM.: 06680032 (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6436/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6436/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf