TY - THES N1 - Pembimbing: Hasan Al Banna, SEI., M.E ID - digilib64366 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64366/ A1 - Nada Cantika Putri Kadua, NIM.: 20108020016 Y1 - 2024/01/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi dan mengetahui sentimen dari opini masyarakat di media sosial X (twitter) mengenai fenomena yang terjadi yaitu cyber attacks pada BSI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu analisis sentimen yang mana melibatkan pendekatan yang mendalam terhadap teks untuk mengidentifikasi dan memahami nuansa perasaan atau opini. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan text mining untuk menganalisis cuitan pada aplikasi X (twitter) dengan metode lexicon based VADER (Valence Dictionary and Sentiment Reasoner). Hasil dalam penelitian ini yaitu sentimen negatif sebesar 38.6% (362 cuitan), sentimen positif memiliki persentase 32.7% (307 cuitan), dan sentimen netral memiliki persentase terkecil dengan persentase 28.7% (269 cuitan). Implikasi dari penelitian ini secara praktis diharapkan bagi pihak BSI untuk meningkatkan layanan sistem serta mengoptimalkan CRM (Customer Relationship Management). Bagi regulator harus terus memperkuat dan mengevaluasi supervisory technology dan regulatory technology. Serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk terus menjaga keamanan siber perlu melakukan tindakan preventif untuk memitigasi risiko. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - cyber attacks; analisis sentimen; BSI; X (twitter); CRM M1 - skripsi TI - CYBER ATTACKS PADA BANK SYARIAH INDONESIA: ANALISIS SENTIMEN DI APLIKASI X (TWITTER) AV - restricted EP - 244 ER -