%A NIM.: 05430039-04 Nur Laila Mubarokah %O Pembimbing: Estina Ekawati, M.Pd.Si. %T UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DI KELAS X MAN YOGYAKARTA III %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik pembelajaran AIR dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XB MAN Yogyakarta III. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada pokok Bahasan Trigonometri. Data yang dikumpulkan berupa data minat belajar siswa dan pemahaman konsep matematis siswa. Data ini dikumpulkan melalui cara/metode observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data observasi dan angket untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa. Nilai pretest dan postest untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Data minat yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase tiap-tiap aspek dalam minat. Data pretest dan postest Siklus I dan II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata postest Siklus II dengan nilai rerata postest Siklus I. Pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik pembelajaran AIR dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan minat belajar siswa mencapai 29,148% (melalui lembar observasi) dan 75,59% (melalui angket). Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 1,64. Pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik AIR yang dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa yaitu guru menyampaikan materi sambil memberi contoh soal dan diselingi juga dengan tanya jawab, siswa bebas bertanya tentang hal yang belum dipahami (auditory), siswa diberi kesempatan bertukar pendapat dengan teman sebangku dan teman sekelompok pada saat mengerjakan soal pemecahan masalah dalam diskusi kelompok (auditory dan intellectualy), siswa mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas (auditory), guru memberikan pengulangan berupa latihan soal, PR, tes evaluasi, atau penjelasan bermakna (repetition). Minat belajar siswa yaitu siswa aktif dalam pelajaran matematika, mampu menyelesaikan soal dengan rasa senang, siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru, dan siswa bertanya pada guru. %K Teknik Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR), Minat Belajar Siswa, Pemahaman Konsep Matematis Siswa %D 2010 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib64394