%0 Thesis %9 Skripsi %A Nanik Murtini, NIM.: 06600014 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2010 %F digilib:64395 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Matematika, Matematika Realistik, Keaktifan Belajar %P 155 %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN NOLOBANGSAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64395/ %X Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam belajar matematika pada bahasan faktor dan kelipatan siswa kelas IV SDN Nolobangsan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN Nolobangsan yang berjumlah 20 siswa dan obyek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistic dan keaktifan belajar matematika siswa. Penelitian terlaksana dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dengan observasi keaktifan siswa dan keterlaksanaan pendekatan matematika realistik yang triangulasikan dengan data hasil angket keaktifan siswa, hasil wawancara siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika pokok bahasan faktor dan kelipatan. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil observasi keaktifan siswa yaitu siswa berani bertanya baik kepada guru maupun temannya dalam kegiatan pembelajaran matematika yang dilihat dari kegiatan kelompok yang terlihat hidup, siswa juga senang memberikan tanggapan atas pertanyaan dari guru, siswa senang mendengarkan penjelasan dari teman dan gurunya, siswa dapat berkelompok dan bekerja sama dengan teman lainnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Peningkatan keaktifan siswa tersebut secara kuantitatif dapat ditunjukkan oleh pengisian lembar observasi dan angket keaktifan siswa bahwa keaktifan siswa dari aspek minat, sikap, kemandirian dan interaksi siswa dalam belajar matematika mengalami peningkatan. %Z Pembimbing: Drs. Edi Prajitno, M.Pd dan Iwan Kuswidi, S.Pd.I, M.Sc