eprintid: 64396 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/43/96 datestamp: 2024-03-19 03:08:11 lastmod: 2024-03-19 03:08:11 status_changed: 2024-03-19 03:08:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: M. Farid Nasrulloh, NIM.: 05430031 title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DENGAN SETTING MODEL KOOPERATIF TIPE TPSq (THINK PAIRS SQUARE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI III KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Model Air (Auditory, Intellectually, Repetition), Model Kooperatif Tipe Tpsq (Think Pairs Square), Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa. note: Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, S.S, M.Pd dan Ibrahim, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri III Kotagede Yogyakrta. Secara umum penelitian ini mengupayakan peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dengan setting model kooperatif tipe TPSq (Think Pairs Square). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri III Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dengan setting model kooperatif tipe TPSq (Think Pairs Square). Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang masingmasing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket kreativitas siswa, hasil wawancara siswa dan guru, tes siklus, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dengan setting model kooperatif tipe TPSq (Think Pairs Square) dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Kreativitas siswa yang dilihat dari semua indikator kreativitas mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58,66%, pada siklus II sebesar 71,29%. Kreativitas dapat dilihat dari kemampuan menghasikan banyak gagasan, kemampuan mengemukakan barmacam-macam pemecahan terhadap masalah, kemampuan menemukan jawaban, cenderung memberi jawaban yang lebih banyak, menanggapi pertanyaan yang diajukan, mempunyai banyak pertanyaan, dan mampu menguraikan sesuatu secara terperinci. Prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari rata-rata skor tes siklus pada kelas V SD Negeri III Kotagede yaitu dari 55.78 menjadi 74.44. Prestasi belajar siswa dapat tercapai dari adanya perubahan tindakan yang dilakukan dengan mengubah pembelajaran sebelumnya. Siswa dapat menyimak, berfikir, berpasangan, dan berbagi berempat, sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuannya sendiri, bertanggung jawab, dan adanya kepercayaan terhadap diri sendiri. date: 2010-06-16 date_type: published pages: 236 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: M. Farid Nasrulloh, NIM.: 05430031 (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DENGAN SETTING MODEL KOOPERATIF TIPE TPSq (THINK PAIRS SQUARE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI III KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64396/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64396/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf