eprintid: 6440 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/40 datestamp: 2023-07-26 01:48:30 lastmod: 2024-04-18 07:26:30 status_changed: 2012-05-04 16:50:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WIRANTI, NIM.: 07600020 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS SISWA SMP ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: metode penemuan terbimbing, pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir kritis; berpikir logis. note: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si. 2. Mulin Nu'man, M.Pd. abstract: Pembelajaran matematika memiliki tujuan antara lain untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Siswa SMP Negeri 3 Jatinom, Kemampuan berpikir kritis dan logis masih kurang maka penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Jatinom Klaten tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan desain penelitian (Non equivalent control group design). Variabel penelitian terdiri dari atas 2 variabel, yaitu variabel bebas adalah pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual dan variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis dan logis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 182 siswa. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil berdasarkan pertimbangan guru yaitu sampel yang memiliki kemampuan dasar yang sama, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen, kelas VIII E sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas IX C. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan logis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. div date: 2011-10-06 date_type: published pages: 208 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-10-06 15:29:43 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--wirantinim-6441-1-wiranti-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--wirantinim-6441-1-wiranti-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7102 ; nama file lama : WIRANTI - NIM. 07600020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1790006 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-10-06 15:29:43 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--wirantinim-6441-1-wiranti-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--wirantinim-6441-1-wiranti-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7102 ; nama file lama : WIRANTI - NIM. 07600020 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1790006 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 - 2011 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: WIRANTI, NIM.: 07600020 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6440/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6440/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf