@phdthesis{digilib64400, month = {June}, title = {EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN MEDIA WEB PADA KELAS XI MAN SUKOHARJO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 05460013 Heru Purnama}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Agus Mulyanto, M. Kom}, keywords = {E-Learning, Web, Model Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64400/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran dengan media web serta untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara pembelajaran dengan media web dengan metode pembelajaran konvensional atau ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian pre-test dan post-test control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen, kelasXI IPA II sebagai kelas kontrol dan XII IPA I sebagai kelas uji coba soal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi sebelum pembelajaran dengan media web masih rendah. Setelah pembelajaran dengan media web, prestasi siswa meningkat. Pada kelas eksperimen mencapai 22,28 \% sedangkan pada kelas kontrol hanya 6,14 \%. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan nilai Thitung 8,069 lebih besar dari Ttab 2,00 dengan mean nilai pre-test kelas eksperimen 53,43 dan mean nilai post-test kelas eksperimen 75,71. Hasil uji t tersebut berarti bahwa ada perbedaan yang nyata dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis web dengan metode konvensional. Peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 89,3 \%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memberikan manfaat terhadap hasil belajar pelajaran fisika. Dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa.} }