eprintid: 64405 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/44/05 datestamp: 2024-03-20 02:28:05 lastmod: 2024-03-20 02:28:05 status_changed: 2024-03-20 02:28:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fatmawati, NIM.: 06600038 title: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN BANGUN SEGIEMPAT) ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Problem Posing Tipe Post Solution Posing, Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika note: Pembimbing: M. Wakhid Mustofa, M.Si. dan Ibrahim, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menelaah peningkatan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional; (2) m enelaah aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dan variabel terikat berupa prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok sleman yang berjumlah 145 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan catatan yang diacak adalah kelasnya. Dipilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini berarti model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap kelompok eksperimen. Dari hasil pretes dan postes didapatkan rerata skor pretes kelas kontrol sebesar 12,135 dan rerata skor postes menjadi 16,054. Pada kelas kontrol mengalami peningkatan (gain score) sebesar 11,29%. Sedangkan pada kelas eksperimen rerata skor pretes sebesar 11,486 dan rerata skor postes menjadi 17,486. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan (gain score) sebesar 16,44%. date: 2010-06-06 date_type: published pages: 107 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fatmawati, NIM.: 06600038 (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN BANGUN SEGIEMPAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64405/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64405/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf