@phdthesis{digilib64412, month = {May}, title = {PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM I PRAMBANAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 04461108 Hasan Mastuki}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si}, keywords = {Pembelajaran, Metode Mengajar, Metode SQ4R, Prestasi Belajar Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64412/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah pembelajaran fisika dengan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMA Islam I Prambanan. 2) mengetahui apakah pembelajaran fisika dengan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Islam I Prambanan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang meliputi proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswasiswi kelas X SMA Islam I Prambanan tahun pelajaran 2009/2010 semester genap yang berjumlah 31 siswa. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pembelajaran fisika dengan metode SQ4R dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMA Islam I Prambanan. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan proses dari penelitian ini, di mana aktivitas siswa meningkat dari siklus I sampai siklus III. Dari hasil aktivitas siswa didapat persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 4,8 \% dan pertemuan kedua sebesar 26,4 \%, sehingga peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 21,6 \%. Persentase aktivitas siswa pada siklus II pertemuan pertama sebesar 40,3 \% dan pertemuan kedua sebesar 50,0 \%, sehingga peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus II dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 9,7 \%. Persentase aktivitas siswa pada siklus III pertemuan pertama sebesar 65,1 \% dan pertemuan ke dua sebesar 78,5 \%, sehingga peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus III dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 13,4 \%. Pembelajaran fisika dengan metode SQ4R dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Islam I Prambanan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya prestasi siswa dari siklus I sampai siklus III dan telah memenuhi syarat ketuntasan belajar. Dari hasil prestasi siswa didapat nilai rata-rata dari pre-test ke post-test siklus I yaitu 37,3 meningkat menjadi 58,9. Nilai rata-rata dari pre-test ke post-test siklus II yaitu 42,8 meningkat menjadi 63,2. Nilai rata-rata dari pre-test ke post-test siklus III yaitu 44,2 meningkat menjadi 63,9. Ketuntasan belajar siswa dari pre-test ke post-test pada siklus I juga meningkat dari 6,4 \% meningkat menjadi 71,0 \%, pada siklus II juga meningkat dari 6,9 \% meningkat menjadi 80,8 \% dan untuk siklus III juga meningkat dari 6,4 \% meningkat menjadi 87,1 \%.} }