eprintid: 64441 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/44/41 datestamp: 2024-03-21 01:55:49 lastmod: 2024-03-21 01:55:49 status_changed: 2024-03-21 01:55:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Zulfadli Lubis, NIM.: 06370010 title: IKLAN BARIS JASA PIJAT DI MEDIA MASSA PERSFEKTIF FIQH JINAYAH ispublished: pub subjects: jin_sy subjects: sj_MM divisions: jur_jsi full_text_status: restricted keywords: Iklan, Layanan Jasa Pijat, Prostitusi, Media Massa note: Pembimbing: Drs. Ocktoberrinsyah, M.Ag. dan Subaidi, S.Ag, M.Si abstract: Perkembangan media massa sangat mempengaruhi corak kehidupan bermasyarakat. Oleh karena pengaruhnya yang besar banyak masyarakat yang resah. Banyak media massa yang menginformasikan hal-hal yang seharusnya tidak perlu diinformasikan. Berdasarkan itu penyusun tertarik meneliti tentang Iklan Baris Jasa Pijat di Media Massa Persfektif Fiqh Jinayah. Adapun yang menjadi pokok masalah adalah: Apa subtansi iklan baris Kedaulatan Rakyat dan Bagaimana fiqh jinayah memandang iklan baris tersebut. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh langsug dari obyek penelitian obyek penelitian ini adalah iklan baris Koran Kedaulatan Rakyat. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa studi lapangan dibantu dengan studi pustaka. Studi lapangan dengan teknik wawancara melalui telepon kepada 40 sampling iklan baris yang beriklan di media massa tersebut dan wawancara langsung kepada pihak media massa yang menerbitkan iklan tersebut. Studi pustakaan yang dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Adapun sifat dari penelitian ini adalah perspektif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendapatkan gambaran apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh iklan sesuai dengan ketentuan hukum Pidana Islam. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan normatif yaitu pendekatan dengan al-Quran dan al-Hadist. Setelah dilakukan penelitian, bahwa iklan jasa pijat pada media massa tesebut terbukti ada prostitusi terselubung yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. Ditinjau dari hukum pidana Islam media massa tersebut dapat dikenai hukum karena dianggap sebagai wasilah (perantara). Status hukum media tersebut mengikuti dampak yang terjadi, sementara sanksi yang dapat dikenakan adalah sanksi ta’zīr. date: 2010-05-12 date_type: published pages: 107 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zulfadli Lubis, NIM.: 06370010 (2010) IKLAN BARIS JASA PIJAT DI MEDIA MASSA PERSFEKTIF FIQH JINAYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64441/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64441/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf