TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Usman, SS, M. Ag ID - digilib64447 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64447/ A1 - Andi Saputra, NIM.: 06410093 Y1 - 2010/06/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara kritis tentang nilai-nilai pendidikan dalam komik Naruto dan mencari relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis kajian pustaka (Library Research), yaitu studi tentang nilai pendidikan dalam komik Naruto dan mencari relevansinya dengan pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan cara mencari, memilih, menyajikan dan menganalisis data-data dari literatur atau sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan. Analisis data yang digunakan analisis hermeneutik. yaitu proses penelaahan isi dan maksud yang mengjawantah dari sebuah teks sampai pada maknanya yang terdalam dan laten. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Konsep pendidikan Naruto adalah pendidikan yang berdasarkan atas pengalaman yang dilalui oleh peserta didik, mengembangkan potensi peserta didik untuk menghadapi peranannya di masa yang akan datang. Bentuk pendidikannya bisa dikatagorikan menjadi tiga bentuk, yakni, pendidikan formal, non formal, dan pendidikan informal. Adapun nilai pendidikan yang ada dalam serial komik Naruto meliputi: semangat hidup, keberanian, kasih sayang, kesetiakawanan, pengorbanan. Kemudian materi pendidikan yang ada dalam komik Naruto adalah: Materi pendidikan budi pekerti meliputi; ikhlas, jujur, sabar. Pendidikan sosial meliputi; tolong menolong dan kerja keras. Materi pendidikan kewarganegaraan meliputi; memahami sturktur pemerintahan dan cinta pada tanah air. (2). Relevansi antara konsep pendidikan Naruto dan konsep pendidikan Islam adalah. Pertama keduanya sama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai kemanuasiaan. Seperti halnya dengan konsep pendidikan Islam yang juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Tetapi pendidikan dalam komik Naruto hanya sebatas pada memanusiakan manusia tidak diiringi dengan bagaimana manusia menyadari ada kekuatan Tuhan di luar diri manusia itu sendiri. Kedua, pendidikan Naruto dan pendidikan Islam sama-sama mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik, tetapi pendidikan Naruto potensi jasmaniyah saja yang dikembangkan, sedangkan potensi dalam pendidikan Islam selain mengembangkan potensi jasmaniyah tetapi juga mengembangkan potensi ruhiyah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Komik KW - Pendidikan Islam KW - Naruto M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KOMIK ?NARUTO? DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ( KAJIAN MATERI ) AV - restricted EP - 91 ER -