%0 Thesis %9 Skripsi %A APRIYANI, NIM.: 07140049 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Adab/ %D 2011 %F digilib:6448 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pelayanan Perpustakaan, Kepuasan Pemustaka %T PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN I YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6448/ %X ABSTRAK Penelitian tentang Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta menurut pemustaka, untuk mengetahui bagaimana kepuasan pemustaka terhadap pelayanan perpustakaan di SMAN 1 Yogyakarta dan untuk mengetahui adakah pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai metode utama, observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Variabel yang digunakan adalah variabel independen (pelayanan perpustakaan) dan variabel dependen (kepuasan pemustaka). Pengambilan sampel secara Accidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 91 responden. Analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan data diolah dengan menggunakan SPSS version 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan perpustakaan di SMAN 1 Yogyakarta termasuk kategori baik terbukti dengan Grand Mean sebesar 3.115. Sedangkan untuk kepuasan pemustaka termasuk dalam kategori tinggi terbukti dengan Grand Mean sebesar 3,152. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,571 dimana r hitung r tabel pada taraf signifikan 5% r tabel sebesar 0,1754 dan pada taraf signifikan 1% r tabel sebesar 0,2084. Nilai koefisien korelasi bernilai sedang atau cukup berarti semakin baik koefisien pelayanan perpustakaan maka semakin tinggi kepuasan pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada perpustakaan untuk meningkatkan maupun mempertahankan kepuasan pemustaka dari segi pelayanan maupun faktor lain diantaranya fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan. div %Z Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.