eprintid: 6450 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/50 datestamp: 2022-03-30 07:50:06 lastmod: 2022-03-30 08:03:07 status_changed: 2012-05-04 16:50:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ari Fatmawati Aisyah, NIM.: 08141165 title: PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA ispublished: pub subjects: IPI divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: pemanfaatan perpustakaan, kemandirian belajar note: Pembimbing: Drs. Umar Sidiq, SIP., M.Pd. abstract: ABSTRAK Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui intensitas pemanfataan perpustakaan bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta; (2) Untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.; (3) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebanyak 94 mahasiswa Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perhitungan korelasi product moment untuk menetahui seberapa besar pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa indikator intensitas pemanfaatan perpustakaan pada nilai 2,88 hasil ini mengindikasikan perpustakaan telah cukup diakses tetapi relatif belum secara penuh pemanfaatannya. Kemandirian pada nilai 3,09 mengindikasikan mahasiswa akuntansi yang menjadi responden penelitian memiliki kemandirian belajar yang baik atau di atas nilai kecukupan. Dari hasil perhitungan korelasi product momen diperoleh nilai korelasi antara X dan Y adalah sebesar 0,2993. Angka korelasi ini tidak terlalu tinggi yang mengindikasikan bahwa kemandirian belajar tidak hanya dipengaruhi oleh intensitas pemanfaatan perpustakaan semata. Sementara, dari hasil pengukuran dengan alat statistik diketahui nilai ini signifikan pada tingkat kesalahan 5% di mana uji t statistiknya adalah sebesar 3,0091. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dua variabel tersebut dan memiliki besaran positif. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka perpustakaan diharapkan meningkatkan keanekaragaman koleksi pustaka dan senantiasa memperbaharuinya juga meningkatkan promosi sehingga mahsiswa lebih tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan. div date: 2011-10-10 date_type: published pages: 159 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Adab/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-10-10 14:32:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--arifatmawa-6451-1-arifatm-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/130/digilib-uinsuka--arifatmawa-6451-1-arifatm-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7112 ; nama file lama : ARI FATMAWATI AISYAH - NIM. 08141165 PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2707479 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-10-10 14:32:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--arifatmawa-6451-1-arifatm-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/130/digilib-uinsuka--arifatmawa-6451-1-arifatm-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7112 ; nama file lama : ARI FATMAWATI AISYAH - NIM. 08141165 PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2707479 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 - 2011 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Ari Fatmawati Aisyah, NIM.: 08141165 (2011) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6450/1/FILE%201.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6450/2/FILE%202.pdf