relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64511/ title: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN HEUTAGOGY UNTUK MAHASISWA PBA S1 UIN SUNAN KALIJAGA creator: Suci Rahmawati, NIM.: 19204022008 subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya peran mahasiswa sebagai student centred learning dalam pembelajaran mata kuliah Naḥwu yang seharusnya mereka memiliki kesempatan untuk menentukan kebutuhan pembelajarannya berupa tema bahasan, proses pembelajaran, penugasan, penilaian dan hasil pembelajaran yang didapatkan setelah mengikuti mata kuliah. Akan tetapi, mahasiswa hanya diberikan kesempatan untuk membagi tema-tema bahasan yang sudah tertera pada RPS dengan penugasan dan proses pembelajaran yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengembangkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemandirian, keaktifan dan bersama-sama dalam merancang pembelajarannya. Heutagogy merupakan pembelajaran dengan self-determined yang memberikan hak penuh pada mahasiswa dalam merangkai pembelajaran dan hasil yang akan dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (research and development) dengan 4D Thiagarajan, dan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, teknik analisis data deskriptif yang bersumber dar hasil observasi dan wawancara. Kedua, teknik analisis data statistik sebagai analisis dari data-data hasil validasi dan respon dosen serta mahasiswa terhadap model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran nahwu dengan langkah 4D Define, Design, Develop, Disseminatie menghasilkan buku panduan model pembelajaran Nahwu dengan heutagogy dan modul ajar tema At-Tawabi’ sebagai buku pegangan dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan pada hasil validasi para ahli dan uji coba menunjukkan bahwa buku panduan dan modul ajar layak digunakan dengan rata-rata skor validasi 4.2 yang menunjukkan “sangat layak”. Konsep pembelajaran yang digunakan dengan model heutagogy menggunakan double loop learning dengan 3 langkah pembelajaran yaitu kontrak pembelajaran, aktivitas pembelajaran dan hasil pembelajaran. Ketiga tahapan tersebut ditentukan bersama antara dosen dan mahasiswa. Langkah aktivitas pembelajaran yang dilakukan ada eksplorasi, kolaborasi, mencipta, koneksi, berbagi dan refleksi. Keterbatasan dalam penerapan model ini terjadi pada langkah kontrak belajar dimana RPS pembelajaran belum bisa disusun berbarengan dengan mahasiswa. Namun langkah selanjutnya dapat dilaksanakan dengan terus melibatkan mahasiswa sebagai pelaku pembelajaran. date: 2024-01-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64511/1/19204022008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64511/2/19204022008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Suci Rahmawati, NIM.: 19204022008 (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN HEUTAGOGY UNTUK MAHASISWA PBA S1 UIN SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.