%0 Thesis %9 Masters %A Ayu Agustina Dwi Rahmawati, NIM.: 19204012031 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:64513 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembentukan karakter; program Takhasus; peserta didik %P 157 %T PROGRAM TAKHASUS DI MIN 5 MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64513/ %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah Penyelenggaraan pendidikan tahfidz Al-Qur'an untuk anak-anak bukanlah suatu hal yang sederhana, melainkan memerlukan pemikiran dan analisis mendalam dalam merencanakan aspek-aspek seperti metode, alat dan sarana prasarana, target hafalan, evaluasi hafalan, dan lain sebagainya. Pembelajaran tahfidz Al-Qur'an yang diimplementasikan bertujuan mencapai target hafalan dan membentuk karakter peserta didik dengan harapan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian mendiskripsikan konsep karakter didalam program tahfidz pada kelas takhasus di MIN 5 Magelang dapat dibentuk melalui pembiasaan dan semangat belajar dari guru, program tahfidz Qur’an juga mendorong peserta didik mempunyai sifat yang disiplin, bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan baik dalam hal ibadah maupun hal-hal yang terkait bidang akademik. Pelaksanaan program takhasus sudah selaras dengan tujuan program tahfidz di MIN 5 Magelang, hanya saja masih ada kendala dalam pengelolaan kelas, dimana kelas masih terlalu sempit dan masih menjadi sattu gedung dengan kelas reguler. Proses tahfidz, atau menghafal Al-Qur'an dapat membentuk karakter Islami yang mendalam pada peserta didik, diantaranya adalah ketekunan, kesabaran, disiplin, kejujuran, rasa tanggung jawab, rasa hormat dan kepedulian. Karakter-karakter ini bukan hanya bersifat sementara selama proses tahfidz, melainkan dapat menjadi bagian integral dari kepribadian peserta didik dalam jangka panjang. Tahfidz tidak hanya menghasilkan hafiz atau hafizah, tetapi juga membentuk individu yang berakhlak baik, bertanggung jawab, dan penuh kecintaan kepada nilai-nilai Islam. %Z Pembimbing: Dr Ichsan, M.Pd