eprintid: 64521 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/45/21 datestamp: 2024-03-26 06:14:44 lastmod: 2024-03-26 06:14:44 status_changed: 2024-03-26 06:14:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Zulfah Nurul Auliya, NIM.: 19104080019 title: STRATEGI PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK KELAS 6 DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN ispublished: pub subjects: kar_ subjects: pem_islam divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: karakter kepemimpinan; peserta didik; sekolah dasar; pendidikan karakter note: Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd abstract: Dalam dunia pendidikan banyak sekali tantangan dan rintangannya salah satunya yaitu adanya degradasi karakter atau penurunan karakter pada peserta didik usia remaja. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan adalah dengan penanaman ataupun pengembangan karakter pada peserta didik usia sekolah dasar dengan strategi yang efektif dan efisien. Maka model stategi yang cocok digunakan adalah strategi pembiasaan. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan peserta didik kelas 6 di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman, (2) bagaimana hasil pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan peserta didik kelas 6 di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasannya strategi pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan peserta didik kelas 6 di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman itu dibagi menjadi 2 yaitu pembiasaan yang ada di sekolah yang mana artinya dilakukan oleh seluruh peserta didik yang ada di SDIT Salsabila 8 Pandoworahjo Sleman seperti pembiasaan mengucapkan salam dan bersalaman dengan ustadz ustadzah ketika datang ke sekolah, apel dan senam pagi, piket leadership soul, shalat Dhuha, shalat Zuhur, halaqah kisah, tahfidz, tasmi’, public speaking, market day, digusting, mabit, upacara bendera setiap hari senin dan hari peringatan nasional. Sedangkan untuk pembiasaan yang ada di dalam kelas 6 sendiri yaitu memulai pembelajaran dengan berdoa, pengecekan kesiapan peserta didik dalam memulai pembelajaran, presentasi, petugas piket mengambil snack dan makan siang, makan siang bersama dan doa bersama, muraja‘ah surah 15 menit sebelum bel pulang sekolah berbunyi, pemilihan petugas upacara dan mabit khusus kelas 6. Kedua yaitu hasil strategi pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan diantarannya adalah akhlak dengan pembiasaan berdoa ketika memulai pembelajaran ataupun saat berakhirnya pembelajaran, mengucapkan salam, hafalan surah, tahfidz, tasmi’, shalat Dhuha, shalat Zuhur, berdzikir. Komunikasi dengan adanya pembiasaan halaqah kisah, public speaking, presentasi dan digusting. Mampu bekerja dalam kelompok dengan adanya piket leadership soul, piket kelas, kelompok belajar (tugas kelompok), market day, mabit dan upacara bendera. Mampu mengambil keputusan dengan adanya diskusi kelompok, tugas kelompok, pemilihan petugas upacara, mengambil keputusan dalam struktur organisasi kelas date: 2024-01-10 date_type: published pages: 167 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zulfah Nurul Auliya, NIM.: 19104080019 (2024) STRATEGI PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK KELAS 6 DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64521/1/19104080019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64521/2/19104080019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf