eprintid: 64525 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/45/25 datestamp: 2024-03-26 06:49:50 lastmod: 2024-03-26 06:49:50 status_changed: 2024-03-26 06:49:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ihda Munaya Isma, NIM.: 19102040094 title: KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023 ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Pelayanan Publik, Amil Zakat, Baznas note: Pembimbing: Munif Solikhan, MPA abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kualitas Pelayanan Publik di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Kualitas pelayanan publik merupakan salah satu faktor tertentu keberhasilan yang dapat mempengaruhi di BAZNAS Kota Yogyakarta. Pelayanan ini mempunyai sebuah visi menjadi pengelola zakat terbaik dan terpercaya di Yogyakarta dan memiliki misi untuk mengoptimalkan pendistribusian serta pendayagunaan zakat untuk pengentasan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudia pada uji keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik BAZNAS Kota Yogyakarta ada 5 dimensi yang berupa: reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), tangible (bukti fisik). Beberapa dari dimensi tersebut mempunyai hambatan yang belum terlaksana diantaranya adalah reliability (kehandalan) yaitu kurangnya SDM dalam hal alat bantu pelayanan untuk mengoperasikan pelayanan publik di BAZNAS Kota Yogyakarta, responsiveness (daya tanggap) karena kurangnya SDM untuk bisa memaksimalkan pelayanan publik dengan cepat dan tepat, dan tangible (bukti fisik) yaitu kurang luasnya tempat pada bagian pelayanan publik khususnya. Pada faktor ini masalah kualitas Sumber Daya Manusia masih kurang karena terbatasnya tempat di BAZNAS Kota Yogyakarta. date: 2024-01-04 date_type: published pages: 116 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ihda Munaya Isma, NIM.: 19102040094 (2024) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64525/1/19102040094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64525/2/19102040094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf