TY - THES N1 - Pembimbing: Shofi?unnafi, M.M. ID - digilib64526 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64526/ A1 - Ahmad Ihsani Ghiyas, NIM.: 19102040099 Y1 - 2024/01/31/ N2 - Berbagai macam cara untuk melakukan kegiatan dakwah Islam, salah satunya melalui media sosial. Salah satu media sosial yang popular digunakan yaitu Instagram. Fenomena dakwah di Instagram memunculkan pertanyaan tentang efektivitas Instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi massa terhadap efektivitas dakwah pada akun Instagram @husein_hadar. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi massa dan efektivitas dakwah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengikut akun Instagram @husein_hadar yang berjumlah 1,2 juta pengikut. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan rumus slovin dan diperoleh 100 sampel yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara komunikasi massa terhadap efektivitas dakwah pada akun Instagram @husein_hadar. Hal ini dapat dilihat dari responden yang memiliki kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, dan kebutuhan behavior ketika menonton video dakwah pada akun tersebut, akan tetapi bukan menjadi faktor utama dalam memengaruhi efektivitas dakwah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji koefisien determinasi sebesar 50,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa komunikasi massa (variabel X) berpengaruh terhadap efektivitas dakwah (variabel Y) sebesar 50,6%. Sedangkan sisanya 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Komunikasi Massa KW - Dakwah KW - Instagram M1 - skripsi TI - PENGARUH KOMUNIKASI MASSA TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR AV - restricted EP - 139 ER -