%0 Thesis %9 Skripsi %A DESY SETIYAWATI, NIM.: 08141155 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Adab/ %D 2011 %F digilib:6454 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K perilaku pemustaka, pelayanan perpustakaan, pemanfaatan pelayanan perpustakaan %T PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN STIKES %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6454/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pemustaka dalam pemanfaatan pelayanan di Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Terdapat 1158 mahasiswa berdasarkan data statistik tahun 2010 sebagai populasi dari penelitian. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel proporsi atau proportional sampel, atau sampel imbangan dan sampling incidental. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner/angket dan studi pustaka. Untuk uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Penghitungan dari uji validitas dan reliabilitas ini menggunakan program MS Office Excell. Analisis data menggunakan analisa deskriptif kuantitatif dengan menghitung skor baku yaitu skor Z dan skor T, di mana skor T diperoleh dari skor Z yang diberi notasi yang lain yaitu T = 50 + 10 (skor Z). Skor T ini dikategorikan dalam tinggi dan rendah berdasarkan perolehan mean T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pemustaka mengenai jenis-jenis pelayanan, koleksi, petugas perpustakaan dan fungsi ruangan yang ada di perpustakaan masih rendah. Sedangkan pengetahuan pemustaka mengenai penelusuran informasi termasuk dalam kategori tinggi. Sikap dan praktik pemustaka terhadap peraturan yang ada di perpustakaan juga termasuk dalam kategori tinggi walaupun pemanfaatan fasilitas dan subjek informasi yang ada masih dalam kategori rendah. Menurut penulis, perlu adanya sosialisasi tentang jenis-jenis pelayanan dan koleksi yang ada di perpustakaan. Selain itu, perlu penambahan fasilitas sesuai kebutuhan pemustaka dan penataan ruangan yang lebih baik lagi supaya memudahkan pemustaka dalam pemanfaatan pelayanan di perpustakaan. div %Z Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP, M.Si.