eprintid: 64570 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/45/70 datestamp: 2024-03-28 04:20:54 lastmod: 2024-03-28 04:20:54 status_changed: 2024-03-28 04:20:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ike Widiya Ulfah, NIM.: 19200012025 title: KOMODIFIKASI AGAMA DI MEDIA SOSIAL : Studi Kasus pada Konten Akun TikTok GuruNgajiQu dan Gifariputraw ispublished: pub subjects: masy_islam subjects: ms divisions: kom_masis full_text_status: restricted keywords: komodifikasi agama; media sosial; konten qurani; mushaf note: Pembimbing; Dr. Subi Nur Isnanini abstract: Penelitian ini membahas tentang komodifikasi agama pada konten Qurani di akun GuruNgajiQu dan Gifariputraw di Media sosial TikTok dengan mengamati bentuk visual konten yang disajikan konten kreator dalam menyebarkan nilai-nilai agama agar audiens dapat tertarik, mendengarkan dan membeli sebuah produk yang ditawarkan, di mana fenomena ini merupakan perkembangan dari adanya media populer yang memberi fasilitas media baru yakni media sosial dengan model visual gambar dakwah yang dapat dikomodifikasi sesuai dengan kepentingan pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif metodologi etnografi virtual data tersebut merupakan data primer dengan menggunakan teori komodifikasi Agama. Terdapat data sekunder yang digunakan dalam penelitian oleh penulis yakni berupa referensi-referensi yang yang berkaitan dengan tema penulis, serta referensi tersebut penulis ambil dari karya ilmiah seperti artikel, jurnal, buku tentunya yang berkaitan dengan komodifikasi agama. Hasil dari penelitian ini berisi bentuk komodikasi agama dalam akun Gifariputraw dan GuruNgajiQu dapat ditemui dengan dikelompokkan menjadi beberapa hal. Pertama, Mushaf Quran sebagai bisnis di mana konten-konten tak lain memasarkan sebuah produk dengan simbol-simbol agama, seperti buku religi, majmu’, kitab-kitab ditemukan dalam akun GuruNgajiQu, kemudian juga dapat dilihat pada akun Gifariputraw yang juga menggunakan agama sebagai komoditas dengan menyediakan topi, tablet iphone, mushaf yang dijual di dalamnya. Kedua, bentuk komodifikasi ditemukan melalui pengemasan pembelajaran tajwid dan tahsin Quran melalui streaming, dan konten-konten yang posting, serta Bentuk pesan komodifikasi lain melalui live streaming yang berkaitkan dengan peningkatan kesalehan seseorang, yang di mana dari setiap konten yang disajikan tentunya memiliki nilai tukar bagi penggunanya. date: 2024-01-26 date_type: published pages: 97 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ike Widiya Ulfah, NIM.: 19200012025 (2024) KOMODIFIKASI AGAMA DI MEDIA SOSIAL : Studi Kasus pada Konten Akun TikTok GuruNgajiQu dan Gifariputraw. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64570/1/19200012025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64570/2/19200012025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf