TY - THES N1 - Pembimbing: Tafrihuddin, S.Ag., M.Pd. ID - digilib6461 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6461/ A1 - FANDY HIDAYAT, NIM.: 07140023 Y1 - 2011/10/12/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang peranan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar terutama di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptip kuantitatif, Sampel dalam penelitian ini adalah pemustaka yaitu siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta sebanyak 81 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Untuk memperoleh data yang valid penulis menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Pengumpulan data utama dengan kuesioner, alat ukur jawaban dengan skala likert dan data penunjang dengan wawancara kepada pustakawan. Dari hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk tabel dan dianalisis dalam bentuk penafsiran dengan kalimat yang mengandung simpulan penelitian. Hasil dari penelitian mengenai persepsi siswa terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, berdasarkan sekala interval didapat hasil dari persepsi siswa terhadap indikator fungsi perpustakaan sebesar (2,95) yang tergolong baik, hasil dari indikator koleksi perpustakaan sekolah sebesar (2,91) yang tergolong baik, hasil dari indikator sarana perpustakaan sebesar (2,98) tergolong baik, serta hasil dari indikator kinerja pustakawan sebesar (2,95) tergolong baik pula. Berdasarkan hasil analisis data keseluruhan diketahui nilai rata-rata adalah (2,94), jadi berdasarkan skala interval dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 7 Yogyakarta tergolong baik. namun demikian perpustakaan SMA Negeri 7 Yogyakarta harus lebih meningkatkan lagi peranan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, agar dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - perpustakaan sekolah KW - kegiatan belajar mengajar) M1 - skripsi TI - PERSEPSI SISWA TERHADAP PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR AV - restricted ER -