eprintid: 64690 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/46/90 datestamp: 2024-04-03 03:29:41 lastmod: 2024-04-03 03:29:41 status_changed: 2024-04-03 03:29:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Anisa Novia Ardania, NIM.: 19104030069 title: METODE GURU DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-20 Di KELOMPOK B RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: s_piaud subjects: ust_ divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: early childhood; bilangan; metode pembelajaran note: Pembimbing; Dra. Nadlifah, M.Pd. abstract: Latar belakang penelitian ini bermula dari permasalahan yang berkaitan dengan pemahaman bilangan 1-20 di kelompok B RA Ar Rafif. Pada umumnya kelompok B dalam rentan usia 5-6 tahun yang diharapkan mampu berpikir simbolik seperti menyebutkan, mencocokkan, dan mengurutkan bilangan 1-20, namun di kelompok B RA Ar Rafif terdapat anak yang terbalik dalam menghafal angka karena bentuk angka yang mirip, maka masih diperlukannya bantuan guru dalam belajar mengenai bilangan. Dari 19 anak terdapat 4 anak yang belum menguasai bilangan 1-20, 14 anak yang masih memerlukan bantuan dan hanya 1 anak yang mampu menguasai bilangan 1-20. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode yang diterapkan guru dalam mengenalkan bilangan 1-20 dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengenalkan bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menjabarkan berupa tulisan naratif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelompok B. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode guru dalam mengenalkan bilangan 1-20 di kelompok B RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta: (1) Metode guru dalam mengenalkan bilangan 1-20 yaitu dengan metode eksperimen, metode bercerita, metode bermain, metode bernyanyi dan metode pemberian tugas. (2) Faktor pendukung dalam mengenalkan bilangan 1-20 yaitu fasilitas sekolah, skill tenaga pendidik yang kreatif, dan kerjasama antara guru dan orangtua yang baik. Sedangkan faktor penghambat dalam mengenalkan bilangan 1-20 yaitu peran orangtua yang kurang aktif, suasana hati anak, dan kurangnya media loose part. date: 2024-03-07 date_type: published pages: 188 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anisa Novia Ardania, NIM.: 19104030069 (2024) METODE GURU DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-20 Di KELOMPOK B RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64690/1/19104030069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64690/2/19104030069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf