%0 Thesis %9 Skripsi %A Dina Nurhidayah, NIM.: 20103070053 %B FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM %D 2024 %F digilib:64706 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K perlindungan hukum; hak anak binaan; maslahah mursalah %P 137 %T ANALISIS PEMENUHAN HAK ANAK BINAAN DI LPKA KELAS II YOGYAKARTA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64706/ %X Lembaga Pemasyarakatan merupakan subsistem peradilan pidana yang menyelenggarakan penegakan hukum di bidang perlakuan terhadap tahanan, anak, dan warga binaan. Penyelenggaraan terhadap sistem dan fungsi pemasyarakatan dilaksanakan di Rutan, LPAS, Lapas, LPKA, Bapas, atau tempat lain yang ditentukan. Bagi seorang anak yang dijatuhi hukuman pidana maka akan ditempatkan di LPKA. Meski mereka berstatus sebagai anak yang berhadapan dengan hukum, mereka tetap mendapatkan perlindungan dalam bentuk perlindungan khusus. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana pemenuhan hak anak binaan di LPKA Kelas II Yogyakarta berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan menurut perspektif perlindungan hukum? Bagaimana pemenuhan hak anak binaan di LPKA Kelas II Yogyakarta berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan menurut perspektif maslahah mursalah? Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris dan bersifat deskriptif analitis. Penelitian deskriptif analitis merupakan suatu penelitian yang memiliki tujuan untuk memberikan sebuah deskripsi atau gambaran mengenai fakta-fakta yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pemenuhan hak anak binaan di LPKA Kelas II Yogyakarkan berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan secara umum memang sudah terpenuhi. Akan tetapi, di dalam pemenuhan hak anak binaan di LPKA Kelas II Yogyakarta dapat dikatakan belum maksimal karena masih ditemukan hambatan-hambatan seperti sarana dan prasarana, anggaran, kurangnya fasilitas pendukung, kurangnya kerja sama dengan instansi lain, dan juga keterbatasan sumber daya manusia (SDM). %Z Pembimbing: Siti Jahroh, SHI., M.Si.