TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag. ID - digilib64708 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64708/ A1 - Desty Adistya, NIM.: 20104080056 Y1 - 2024/03/08/ N2 - Suatu proses pembelajaran akan berjalan dengan efektif ketika didukung oleh media pembelajaran yang mendukung. Media pembelajaran yang baik adalah media yang mempermudah siswa dalam memahami materi, mampu membangkitkan minat belajar yang tinggi, dan menjadi motivasi bagi siswa untuk mengembangkan minat yang mereka miliki. Fakta di lapangan, seperti di SDIT Al-Muthi?in yang dalam proses belajar dan mengajarnya jarang menghadirkan media sebagai alat bantu transformasi pengetahuan terkhusus pada mata pelajaran bahasa Arab. Padahal, media merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam proses belajar mengajar. Langkah awal untuk menguasai bahasa Arab adalah dengan meningkatan penguasaan mufradat atau kosa kata bahasa Arab. Semakin banyak kata yang kita pelajari, semakin lancar kita akan berbicara dalam bahasa Arab, serta kita mampu memahami bahasa Arab dengan lebih mendalam, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan ingatan mufradat yang telah dikuasai, penting untuk menggunakan alat bantu atau media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengingat mufrodat tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Arab adalah dengan menggunakan media kartu gambar atau flash card . Media ini bisa menjadi cara efektif untuk membantu siswa mengingat dan menghafal kosakata bahasa Arab. Dengan menggunakan kartu gambar, siswa dapat meningkatkan jumlah kosakata yang mereka pahami dan dapat menjadi alat bantu dalam proses pembelajaran. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah media kartu gambar efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas 3 SDIT Al-Muthi?in. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode Pre- Experimental Design tipe One Group Pretest-Posttest. Prosedur awal penelitian ini adalah memberikan tes (pretest) yang disimbolkan dengan O1 untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Selanjutnya, dilakukan treatment pada saat pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang disimbolkan dengan X. Setelah diberikan treatment, siswa akan diberikan tes akhir (posttest) yang disimbolkan dengan O2. Hasil pretest kemudian dibandingkan dengan hasil posttest untuk melihat perubahan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan treatment. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa terhadap penguasaan mufradat yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, respon siswa terkait media pembelajaran yang diambil dari lembar angket pada akhir pertemuan, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan penguasaan mufradat setelah diberikan treatment berupa media kartu gambar. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti menunjukkan bahwa media kartu gambar dapat meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas 3 SDIT Al-Muthi?in. Hal ini didasarkan pada perhitungan uji hipotesis menggunakan paired samples t-test yang menunjukkan nilai sig. ( 2-tailed ) 0,000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha dapat diterima. Artinya, keputusan tersebut menunjukkan adanya efektivitas penggunaan media kartu gambar terhadap penguasaan mufradat siswa kelas 3 SDIT Al-Muthi?in. Berdasarkan uji N-Gain yang digunakan untuk mengukur tingkat perubahan nilai hasil belajar bahasa Arab setelah diterapkannya media kartu gambar mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata 64,4891 atau 65% dan termasuk pada kategori ? cukup efektif ? sesuai dengan tabel pengukuran tafsiran efektivitas nilai N-Gain pada III.2 . Jadi, penggunaan media kartu gambar pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 3A SDIT Al-Muthi?in cukup efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pembelajaran Bahasa Arab; media kartu gambar; penguasaan mufradat M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MEDIA KARTU GAMBAR MAPEL BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS 3 SDIT AL-MUTHI?IN AV - restricted EP - 194 ER -