@phdthesis{digilib6477, month = {January}, title = {PENGARUH PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA N 8 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 07140035 PATHUL KARIB }, year = {2015}, note = {Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.}, keywords = {perpustakaan, koleksi perpustakaan, prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6477/}, abstract = { ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan jika ada pengaruh seberapa besar pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitaf. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Variabel yang digunakan adalah variabel independen (pemanfaatan koleksi) dan variabel dependen (prestasi belajar siswa). Pengambilan sampel secara simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Metode analisis yang digunakan dengan teknik analisis korelasi. Data diolah dengan menggunakan software SPSS version 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan koleksi perpustakaan SMA N 8 Yogyakarta secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai grand mean sebesar 3,15. Selanjutnya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Dari hasil korelasi bahwa besarnya koefisien korelasi (r) antara variabel pemanfaatan koleksi perpustakaan (X) dan prestasi belajar siswa (Y) adalah sebesar 0,525. Karena r hitung lebih besar dari r table (0,525 0,266), maka korelasi dikatakan signifikan. Dari hasil uji hipotesis tersebut Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa pemanfaatan koleksi perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. div } }