eprintid: 64858 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/48/58 datestamp: 2024-04-19 03:00:36 lastmod: 2024-04-19 03:00:36 status_changed: 2024-04-19 03:00:36 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Dhiya Ulkhaq Jauhar Maknun, NIM.: 19104010063 title: PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF DIPONEGORO GUWOSARI PAJANGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: P subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Problematika Pendidikan note: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., MA abstract: Pendidikan karakter religius diharapkan mampu menumbuhkan sikap positif pada diri peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih baik sedini mungkin. Namun perbedaan masing-masing siswa menjadi problematika tersendiri dalam terlaksananya program dan kegiatan di dalam madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa. 2) Mengidentifikasi problematika pendidikan karakter religius siswa. 3) Mendeskripsikan upaya madrasah dalam mengatasi problematika pendidikan karakter religius siswa di MI Ma’arif Diponegoro Guwosari Pajangan Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di MI Ma’arif Diponegoro Guwosari dengan subjek penelitian meliputi guru, kepala madrasah, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa di MI Ma’arif Diponegoro Guwosari Pajangan Bantul sudah sesuai dengan konsep dasar manajemen pengembangan nilai karakter dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendidikan karakter dilakukan menggunakan beberapa metode antara lain; metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bimbingan, dan metode diskusi yang diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar pembelajaran. 2) Problematika pendidikan karakter religius siswa antara lain; kurangnya kesadaran siswa, kurangnya tenaga pembimbing, sarana dan prasarana madrasah kurang memadai, serta pengaruh lingkungan luar madrasah. 3) Upaya madrasah dalam mengatasi problematika pendidikan karakter religius anatara lain; memberikan contoh teladan yang baik kepada siswa, menjalin kerjasama antara guru dengan wali siswa, memberikan pembinaan dan bimbingan intensif, pengawasan dan pendampingan dalam setiap kegiatan, serta membuat catatan khusus tentang peserta didik. date: 2024-02-12 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dhiya Ulkhaq Jauhar Maknun, NIM.: 19104010063 (2024) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF DIPONEGORO GUWOSARI PAJANGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64858/1/19104010063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64858/2/19104010063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf