%A NIM.: 09141023 RISTY PRASETYAWATI %O Pembimbing: Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si. %T IMPLEMENTASI SOCIAL SKILLS PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN STIKES A.YANI YOGYAKARTA %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi Social Skills Pemustaka di Perpustakaan STIKES A.Yani Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini bersifat tunggal atau mandiri yaitu implementasi social skills pemustaka di Perpustakaan STIKES A.Yani Yogyakarta dengan indikator sebagai berikut : Kedisiplinan Memasuki Perpustakaan, Citra Diri, Komunikasi, dan Interaksi Sosial. Skala yang digunakan yaitu skala Likert antara lain sangat setuju (SS) skor 4, setuju (S) skor 3, tidak setuju (TS) skor 2, dan sangat tidak setuju (STS) skor 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai metode utama sedangkan wawancara, observasi, dokumentasi sebagai metode pendukung. Populasinya adalah civitas akademika STIKES A.Yani Yogyakarta yang tercatat sebagai anggota perpustakaan sampai dengan bulan April tahun 2011. Sampel yang diambil sebanyak 90 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling (sampling insidental). Berdasarkan Analisis Deskriptif Kuantitatif, hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil skor berdasarkan nilai rata-rata secara keseluruhan (grand mean) diperoleh nilai 3.19. Sehingga social skills pemustaka di Perpustakaan STIKES A.Yani Yogyakarta dapat dikategorikan baik. Peringkat indikator tertinggi adalah kedisiplinan memasuki perpustakaan dengan nilai ratarata 3.39 dan indikator terendah adalah komunikasi dengan nilai rata-rata 3.08. Sedangkan citra diri dan interaksi sosial diperoleh nilai yang sama yakni dengan skor 3.14. Diharapkan untuk kedepannya ada tidak lanjut dari penelitian ini yaitu dengan diadakan penelitian yang serupa khususnya tentang pustakawan. div %K Social Skills, Rekomendasi %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6486