relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64870/ title: PENGARUH PANDUAN PRAKTIKUM IPA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN CATURTUNGGAL 4 creator: Haninah Mabsuthoh, NIM.: 19104080086 subject: Pendidikan Sains subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Pelaksanaan pembelajaran praktikum IPA di sekolah dasar masih jarang dilaksanakan. Panduan praktikum yang berasal dari buku sekolah yang belum berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar (KPSD), sehingga berpengaruh terhadap KPSD peserta didik yang masih rendah. Padahal keterampilan proses sains dasar penting untuk menumbuhkan sikap berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh panduan praktikum IPA dalam meningkatkan keterampilan proses sains dasar peserta didik, 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh panduan praktikum IPA dalam meningkatkan keterampilan proses sains dasar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (esksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pre-Test and Post-Test Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI A dan VI B SDN Caturtunggal 4. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis statistik berupa uji independent sample t-test dan uji N-Gain menggunakan aplikasi SPSS 23 for windows dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tes, menunjukkan hasil bahwa: 1) hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,220 > 0,05 yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai akhir kelas eksperimen dan kontrol. Dimana H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Besar pengaruh panduan praktikum IPA terhadap keterampilan proses sains dasar peserta didik pada materi perbedaan rangkaian listrik sederhana seri dan paralel berdasarkan hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen dengan menggunakan panduan praktikum IPA berbasis KPSD sebesar 52.7757 atau 52,7% yang berada pada kategori efektifitas N-Gain kurang efektif. date: 2024-01-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64870/1/19104080086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64870/2/19104080086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Haninah Mabsuthoh, NIM.: 19104080086 (2024) PENGARUH PANDUAN PRAKTIKUM IPA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN CATURTUNGGAL 4. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.