%0 Thesis %9 Skripsi %A Khofifah Anjarwani, NIM.: 19104020026 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:64873 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Qowā’id Al-I’lal, Penguasaan, Kemampuan Membentuk Kata %P 191 %T PENGARUH PENGUASAAN KITAB QOWAʼID AL-I’LAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBENTUK KATA BAGI SANTRI MARHALAH II PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64873/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penguasaan kitab Qowā’id Al-I’lāl, menjelaskan kemampuan membentuk kata dan mendeskripsikan adakah pengaruh yang signifikan antara penguasaan kitab Qowā’id Al-I’lāl terhadap kemampuan membentuk kata bagi santri kelas Marḥalah II Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sumber data penelitian ini adalah santri kelas Marḥalah II Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penguasaan kitab Qowā’id Al-I’lāl bagi santri kelas 2 Marḥalah 2 termasuk dalam kategori sedang yaitu pada nilai dengan kriteria 74 – 83 dengan presentase 43%. 2) Kemampuan membentuk kata bagi santri kelas 2 Marḥalah 2 termasuk dalam kategori sedang yaitu nilai dengan kriteria 80- 85 dengan presentase 32%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan Kitab Qowā’id Al-I’lāl terhadap kemampuan membentuk kata bagi santri kelas Marḥalah II Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 26, diperoleh nilai sig sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan Kitab Qowā’id Al-I’lāl terhadap kemampuan membentuk kata. Adapun pengaruhnya sebesar 41% sedangkan 59% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. %Z Pembimbing: Dr. Maksudin., M. Ag