@phdthesis{digilib64877, month = {February}, title = {PENGASUHAN ANAK USIA DINI INTROVERT DITAMAN KANAK-KANAK PKK MINGGIRAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104030041 Hasna Azizah}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Hafidh ?Aziz, S. Pd. I., M.Pd.}, keywords = {Gejala Anak Introvert, Pengasuhan Guru, Problematika Pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64877/}, abstract = {Skripsi ini membahas adanya suatu fenomena yang terjadi pada anak yang sangat menarik untuk diteliti yang berdasarkan studi kasus yang ada di TK PKK Minggiran yang terbilang masih minimnya kepribadian karakter, salah satunya pada karakter anak introvert. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gejala anak introvert di TK PKK, (2) untuk mengetahui pengasuhan guru terhadap anak introvert di TK PKK, (3) untuk mengetahui bagaimana mengatasi hambatan dan tantangan mengasuh anak introvert di TK PKK. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, objek sasaran penelitian ini adalah pengasuhan anak introvert, pokok pembahasan permasalahan ini terletak pada tiga anak memiliki karakter introvert, dengan mengambil latar belakang TK PKK Minggiran Yogyakarta. Analisis data kualitatif dalam kegiatan secara interaktif dan adanya keberlangsungan secara terus menerus hingga tercapainya suatu data dengan hasil yang sempurna. Keabsahan data ini dengan teknik memvalidasi data adalah dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik ini menjadikan suatu pemeriksaan validitas data yang memvalidasi dan membandingkan data menggunakan sesuatu di luar data itu sendiri. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) gejala anak introvert di TK PKK penanganan dalam mengelola lingkungan yang terjadi masih belum bisa dikatakan maksimal dikarenakan kurangnya apresiasi, adanyaa rasa trauma, ketika anak tersebut jarang berangkat sekolah subjek memilih untuk menutup dirinya dan adanya faktor ginetik sehingga anak tersebut dari gen dirinya sudah turun temurun 2) gejala introvert pada anak usia dini di TK PKK Dengan berbagai upaya yang dilakukan dan juga dikatakan berhasil apabila pengasuhan guru diharuskan untuk mengendalikan berbagai teknik yang dapat merangsang rasa ingin tahu, rasa percaya diri, dan harga diri self-esteem.3) hambatan dan tantangan mengasuh anak introvert masih belum dikatakan maksimal dalam menangani tantangan dan hambatan yang terjadi dikarenakan pengasuh hanya bisa menunggu waktu supaya anak dapat berkembang baik dengan sendirinya} }