%0 Thesis %9 Masters %A Aulia Faraz Tantia, NIM.: 22204031021 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:64883 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K concentration; ADHD; CBT; image media %P 130 %T MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD MELALUI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS MEDIA GAMBAR DI TK INKLUSI IBBAS KOTA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64883/ %X Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi rendahnya konsentrasi anak ADHD, hal ini dikarenaka media yang digunakan dalam pembelajaran belum berkembang dan kurang menarik yang mengakibatkan anak kurang tertarik dan kurangnya rasa ingin tahu. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi anak yaitu dengan menggunakan Cognitive Behavior Therapy berbasis media gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Cocnitive Behavior Therapy berbasis media gambar untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD di TK Inklusi Ibbas Kota Yogyakarta. Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan Kuantitatif Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi. Populasi penelitian yaitu anak TK Inklusi Ibbas kota Yogyakarta kemudian diambil sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling, sehingga mendapatkan 8 orang anak untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik analisis data yaitu, 1) Analisis deskriptif, dengan menjabarkan nilai rata-rata penggunaan CBT berbasis media gambar untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD, 2) Analisis statistic menghitung secara sistematis sejumlah data untuk disajikan dengan menggunakan uji t-test dan uji N-gain dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian dilapangan diketahui terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Cocnitive Behavior Therapy melalui media gambar untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD dilakukan perbandingan dari nilai pretest dan posttest yang masing-masing memiliki selisih nilai rata-rata 13 pratest dan 28.75 posstest . sedangkan uji t-test kedua variable mendapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 dengan demikian dinyatakan 0.000 < 0.05 berarti Ha diterima dan untuk uji N-Gain menghasilkan nilai rata-rata 0.8247 berada pada kategori tinggi untuk variable media gambar. Cognitive Behavior Therapy berbasis media gambar untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD di TK Inklusi Ibbas Yogyakarta efektif untuk digunakan. %Z Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, M.A.