relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64898/ title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMANFAATAN MEDIA FLIPBOOK PADA MATERI FIKIH PENGURUSAN JENAZAH TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X MAN 3 BANTUL creator: Eko Nurwanto, NIM.: 20104010039 subject: Pendidikan Agama Islam subject: Fiqih subject: Metode Pembelajaran description: Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat self efficacy peserta didik di MAN 3 Bantul. Subjek penelitian pada kelas eksperimen di kelas X G terdiri dari 32 peserta didik dan pada kelas kontrol di kelas X B sebanyak 32 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis pemanfaatan media flipbook pada materi Fikih pengurusan jenazah terhadap self efficacy peserta didik kelas X MAN 3 Bantul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre Experiment dengan bentuk one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket pretest dan posttest serta dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis data statistik yakni uji paired sample t-testdan uji N-Gain dengan menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS 21 yang bertaraf Signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran problem based learning berbasis pemanfaatan media flipbook pada materi Fikih pengurusan jenazah terhadap self efficacy peserta didik kelas X MAN 3 Bantul. Proses pembelajaran problem based learning berbasis pemanfaatan media flipbook pada materi Fikih Pengurusan Jenazah dilaksanakan berdasarkan sintak yang sudah ditentukan dan menjadikan peserta didik lebih percaya diri, berkembangnya keterampilan berpikir kritis, dapat merasakan relevansi materi pelajaran di kehidupan sehari-hari, dan mampu berkolaborasi dan komunikasi dalam kegiatan diskusi. Kemudian, berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai Signifikansi Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata self efficacy pretest dengan posttest yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis pemanfaatan media flipbook. berdasarkan uji N-Gain rata-rata hasil pretest self efficacy mendapatkan nilai sebesar 69,40625 dan rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 90,34375. Sehingga nilai self efficacy peserta didik pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain = 0,574506584, yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan nilai N-Gain Score persen sebesar 57,4506584, termasuk dalam kategori cukup efektif. date: 2024-03-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64898/1/20104010039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64898/2/20104010039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Eko Nurwanto, NIM.: 20104010039 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMANFAATAN MEDIA FLIPBOOK PADA MATERI FIKIH PENGURUSAN JENAZAH TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.