@phdthesis{digilib64901, month = {March}, title = {FA?ALIYATU IS-TIKHDAM WASAIL IKHTIBAR AT-TELEGRAM FI ZIYADATI ITQON AL-MAWAD AD-DIRASIYYAH BI AL-LUGHAH AL-?ARABIYYAH LI AL-MUSYARIKAT FI DAUROH SABILU AR-RASYAD BANDUNG LI AL-LUGHAH AL-?ARABIYYAH?.}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104020003 Natasya Farhati Yunis}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Pd, M.Si}, keywords = {Media Pembelajaran, Kuis Telegram, Penguasaan Materi Ajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64901/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, efektifitas, serta kelebihan dan kekurangan media kuis telegram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes (pre test dan pos test) yang dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan kuis dilakukan dengan memberikan soal sebanyak 50 butir soal melalui fitur kuis pada chanel telegram. (2) Berdasarkan hasil uji t berpasangan, diketahui bahwa terdapat perbedaan penguasaan materi ajar bahasa Arab setelah menggunakan kuis telegram. Nilai Sig. (2-tailed) 0.027 {\ensuremath{<}} 0,05 dan t hitung 2,645 {\ensuremath{>}} t tabel 2,262 menunujukkan bahwa H1 diterima. (3) Kelebihan dari kuis telegram yaitu praktis dan mudah digunakan, sistem pilihan ganda yang memudahkan dalam mengingat dan memahami materi, tampilan yang menarik dan menyenangkan, serta dapat mengetahui apakah jawaban yang dipilih benar atau salah setelah menjawab. Adapun kekurangannya yaitu ukuran penyajian tulisan yang kecil.} }