@phdthesis{digilib64915, month = {February}, title = {PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN YANG INKLUSIF PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS X}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104060031 Indah Ayudia}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.}, keywords = {Media Pembelajaran, Pembelajaran Kimia, Pembelajaran Inklusif, Motivasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64915/}, abstract = {Media pembelajaran yang ada di sekolah inklusif belum sepenuhnya dikembangkan secara inklusif sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa penyandang disabilitas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video animasi pembelajaran yang inklusif pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R\&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas dan respon siswa. Hasil penilaian ahli media, ahli materi, dan reviewer memperoleh persentase keidealan sebesar 85\%, 93\%, 88\% dengan kategori Sangat baik. Respon siswa memperoleh persentase keidealan sebesar 91\% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video animasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran inklusif di kelas X untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar materi ikatan kimia.} }