@phdthesis{digilib64916, month = {February}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS WEEBLY BERMUATAN ETNOKIMIA PADA MATERI ASAM BASA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104060032 Irnawati}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Setia Rahmawan M.Pd.}, keywords = {Asam Basa, Etnokimia, Weebly}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64916/}, abstract = {Disrupsi teknologi menyebabkan perubahan sosial yang cukup pesat bahkan tidak terkendali, sedangkan laju Pendidikan melaju dengan kecepatan super lambat. Weebly merupakan salah satu media alternatif teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan media pembelajaran berbasis website mampu mempermudah siswa ketika mengakses materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Etnokimia, pembelajaran kimia berbasis budaya sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran kimia. Materi asam basa merupakan materi yang memuat ketiga karakteristik tersebut dan cenderung sulit dipahami peserta didik yaitu bersifat makro, mikro maupun simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis weebly bermuatan etnokimia yang valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta sebagai sumber belajar. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan R\&D dengan model pengembangan ADDIE Produk ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Produk divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga pendidik Kimia SMA/MA dan direspon oleh 30 peserta didik. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunkan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan dengan angket skala Guttman. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media pembelajaran website berbasis weebly bermuatan etnokimia pada materi asam basa. Media pembelajaran terdiri dari apersepsi tentang budaya yang berkaitan dengan materi asam basa, video pendukung materi, latihan soal, dan artikel budaya yang berkaitan dengan materi asam basa yang disajikan di setiap sub bab materinya. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan 100\% valid dengan revisi, revisi dilakukan di beberapa aspek, begitu pula dengan hasil validasi ahli media juga mendapatkan 100\% valid dengan revisi. Hasil penilaian tiga reviewer (pendidik Kimia SMA/MA) memperoleh persentase 91,9\% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan memperoleh persentase 96\% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hal tersebut, media hasil pengembangan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar bagi peserta didik.} }