TY - THES N1 - Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd. ID - digilib64917 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64917/ A1 - Latansa Naelal Izzati, NIM.: 20104060038 Y1 - 2024/03/05/ N2 - Pemanfaatan teknologi diperlukan untuk memvisualisaikan materi sel volta yang memiliki komponen yang bersifat submikroskopik agar menjadi lebih konkret. Upaya dapat dilakukan dengan mengintegrasikan media pembelajaran dengan teknologi sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard berbasis augmented reality materi sel volta dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, develop, implementation, dan evaluation) dan direspon oleh sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapat persentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media sebesar 89,23% dengan kategori Sangat Baik, reviewer sebesar 90,58% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase 98,8%. Berdasarkan hasil penilaian kualitas dan respon siswa dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbasis augmented reality materi sel volta yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sel volta untuk membantu siswa memahami konsep materi sel volta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Flashcard Berbasis Augmented Reality KW - Sel Volta KW - Pemahaman Konsep M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI KONSEP MATERI SEL VOLTA AV - restricted EP - 81 ER -