@phdthesis{digilib64918, month = {March}, title = {PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104060041 Reny Alfina Rahmawati}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.}, keywords = {Augmented Reality, Flashcard, Geometri Molekul, Minat Belajar Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64918/}, abstract = {Aplikasi dengan integrasi teknologi diperlukan untuk menggambarkan materi geometri molekul yang sifatnya abstrak menjadi lebih konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard berbasis augmented reality materi geometri molekul dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R\&D) dengan mengadaptasi dari model ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Kualitas produk akan divalidasi dan dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat reviewr (guru kimia) dan direspon oleh sepuluh siswa SMA. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa lembar penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa menggunakkan skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi memperoleh presentase 96\% termasuk kategori Sangat Baik, dari ahli media memperoleh presentase 92,8\% dengan kategori Sangat Baik, untuk reviewer guru kimia mendapat presentase 95,4\% dengan kategori Sangat Baik, dan mendapatkan respon positif dari siswa dengan presentase 98\%. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi geometri molekul untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA.} }