%0 Thesis %9 Skripsi %A Imma Fitriani, NIM.: 20104080024 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:64922 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Cooperative Learning Tipe Course Review Horay, Hasil Belajar, Matematika %P 168 %T EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64922/ %X Pada materi matematika yang abstrak sebagian besar siswa belum memahami konsep matematika secara konkret. Masalah dalam pembelajaran yang dihadapi antara lain yaitu pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa dan tidak melibatkan siswa secara keseluruhan. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III yaitu dengan pemilihan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa di kelas seperti model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen yang berarti metode tersebut melihat sebab akibat terhadap variabel yang mendapat perlakuan. Bentuk desain eksperimennya adalah Quasi Experimental design atau experiment semu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen kuasi ini adalah non-equivalent control group design dimana kelas kontrol dan eksperimen tidak dipilih secara random. Proses pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay mampu menciptakan suasana kelas menjadi lebih terbuka sehingga siswa menjadi lebih aktif dan antusias pada saat proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan uji Mann Whitney yang menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima maka, terdapat perbedaan hasil belajar setelah diberikan pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay. Model Cooperative Learning tipe Course Review Horay cukup efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah Suronatan. Hal tersebut dibuktikan dengan uji N-Gain pada kelas eksperimen yang menunjukkan nilai N-Gain sebesar 57% yang artinya model Cooperative Learning tipe Course Review Horay cukup efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas III. %Z Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.