<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN"^^ . "Kurangnya pemahaman peserta didik mengidentifikasi keberagaman budaya ini menjadi akar permasalahan dari penelitian ini. Pentingnya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dalam keberagaman budaya ini bagi peserta didik agar dapat menghargai dan turut menjaga keberagaman budaya suku bangsa yang ada di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan penggunaan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) pada peserta didik kelas IV Fakhruddin Ar-Razi SD Muhammadiyah Demangan materi keberagaman budaya suku bangsa Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas IV Fakhruddin Ar-Razi dalam mengidentifikasi keberagaman budaya suku bangsa Indonesia.\r\nPenelitian ini termasuk pada penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dua kali pertemuan setiap siklusnya. Pengambilan dan pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes tertulis. Adapun urutan tahap pelaksanaan penelitian ini ialah, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pedoman onservasi keterlaksanaan modul ajar, pedoman wawancara guru, serta ter tertulis. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan penggunaan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak membuat peserta didik bosan, memberikan kesan menarik pada peserta didik, sehingga peserta didik antusias mengikuti pembelajaran. Peningkatan kemampaun peserta didik dalam mengidentifikasi keberagaman budaya suku bangsa Indonesia dilihat dari hasil pretest mendapatkan persentase sebesar 34%, dan masih dalam kategori kurang baik. Penilaian tes peserta didik pada posttest 1 mendapatkan persentase sebesar 63% masuk dalam kategori baik. Penilaian tes peserta didik pada posttest 2 mendapatkan persentase sebesar 86% masuk dalam kategori sangat baik. Dengan peningkatan antara pretest - posttest 1 peserta didik mendapatkan peningkatan sebesar 29% yang masih dalam kategori kurang baik, Maka dengan hasil skor tersebut, peneliti merancang untuk melaksanakan siklus II, yang mengalami peningkatan antara pretest - posttest 2 peserta didik ini mendapatkan peningkatan sebesar 52% dalam kategori baik. Proses pembelajaran juga semakin baik, yang artinya guru sudah melaksanakan kegiatan serta sesuai dengan tujuan pembelajaran"^^ . "2024-03-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20104080049"^^ . "Nur Laela Istiqomah"^^ . "NIM.: 20104080049 Nur Laela Istiqomah"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Text)"^^ . . . . . "20104080049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Text)"^^ . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #64925 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN\n\n" . "text/html" . . . "Pancasila" . . . "Media Pembelajaran" . .